Jumat 22 Jun 2012 13:51 WIB

Fokker Tidak Miliki Kotak Hitam

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Dewi Mardiani
   Sejumlah Petugas mengamankan bangkai pesawat Fokker 27 yang jatuh di komplek Rajawali, Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (21/6).  (Adhi Wicaksono/Republika)
Sejumlah Petugas mengamankan bangkai pesawat Fokker 27 yang jatuh di komplek Rajawali, Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (21/6). (Adhi Wicaksono/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat Fokker 27 yang jatuh di komplek Rajawali, Halim Perdanakusumah, Jakarta, dipastikan tidak memiliki kotak hitam. Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Azman Yunus, mengungkapkan hal tersebut wajar, mengingat pesawat itu adalah termasuk pesawat militer.

"Ya karena pesawatnya militer enggak ada blackbox-nya,"ungkap Yunus saat jumpa pers di Air Power Control of Indonesia, Jumat (22/6). Yunus menjelaskan pesawat militer padaumumnya memang tidak memiliki kotak hitam. Menurutnya, hal tersebut agar informasi tentang pesawat dan pembicaraan di kokpit tidak bocor ketika pesawat jatuh ke tangan musuh.

Pesawat fokker 27A jatuh di komplek Rajawali, Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis (21/6). Delapan rumah terbakar akibat jatuhnya pesawat. Seluruh kru pesawat tewas berikut warga yang berada di rumah tersebut. Hingga pagi ini, terdapat sebelas korban tewas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement