Senin 04 Jun 2012 07:38 WIB

Inilah Figur Menkes Baru Harapan PKS

Rep: indah wulandari/ Red: Heri Ruslan
Kantor Kementerian Kesehatan RI.
Foto: hukumonline.com
Kantor Kementerian Kesehatan RI.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sudah lebih dari satu bulan terjadi kekosongan posisi Menteri Kesehatan. Penunjukan menteri baru dari kalangan profesional dinilai sangat mendesak.

“Saya berharap Presiden selaku pihak yang punya hak prerogatif untuk dapat segera menunjuk Kemenkes baru karena Kementerian Kesehatan tidak bisa begitu saja tanpa menteri,” kata anggota Komisi IX DPR RI, Herlini Amran, Senin (4/6).

Menurut Legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini sektor kesehatan merupakan salah satu perhatian utama pemerintah. Sehingga butuh sosok pemimpin yang tegas dalam mengambil keputusan terutama menyangkut tata kelola pelayanan kesehatan, serta upaya pencegahan dan promotif kesehatan di masyarakat yang tengah digencarkan Kemenkes dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Banyak agenda program Kementerian Kesehatan harus segera diselesaikan Kemenkes,"ujar Herlini. Seperti meningkatnya kasus penderita HIV/AIDS di kalangan remaja, turunnya IPM Indonesia, beberapa target MDGs terkait kesehatan yang belum sesuai target, persiapan BPJS Kesehatan tahun 2014 dan lain- lainnya.

Terkait serapan anggaran yang belum maksimal dan penilaian BPK terhadap Kemenkes yang beberapa kali disclaimer juga menjadi masalah yang perlu segera diselesaikan Menkes baru nantinya.

“Ini juga menjadi pekerjaan rumah Menkes baru untuk segera melakukan pembenahan dalam sistem pengelokasian dan penggunaan anggaran,” lanjutnya

Herlini pun mendesak Presiden harus segera menunjuk Menkes baru. Dia mengusulkan sebaiknya Menkes baru diisi oleh kalangan profesional yang visioner, adil dan tegas agar dapat tercapai visi ‘Indonesia Sehat'.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih hari Kamis 26 April 2012, resmi mundur dari jabatannya karena alasan kesehatan yakni penyakit kanker. Setelah berjuang melawan kanker paru-paru selama tiga minggu dalam perawatan di Paviliun Kencana RSCM, Mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih (57) akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu 02 Mei 2012 pukul 11.41 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement