Jumat 25 May 2012 23:50 WIB

Antisipasi Kebakaran di Gang Sempit, Damkar DKI Kerahkan Motor Pemadam Kebakaran

Seorang petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan jilatan api yang membakar sebuah gudang. (ilustrasi)
Foto: Antara/Fiqih Arfani
Seorang petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan jilatan api yang membakar sebuah gudang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Barat mendapatkan 23 "fire motor" dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Dinas Damkar dan PB) DKI Jakarta.

Kasudin Damkar dan PB Jakarta Barat, Abdul Karim, mengatakan fire motor (sepeda motor pemadam kebakaran), diharapkan lebih mempermudah mobilitas petugas pemadam dalam mengatasi musibah kebakaran yang terjadi di gang sempit yang sulit dijangkau mobil pemadam berukuran besar.

Sebanyak 23 fire motor pemadam kebakaran tersebut dibagikan ke delapan kecamatan di Jakarta Barat. Rinciannya adalah sembilan unit untuk Kecamatan Tambora serta masing-masing dua unit untuk Kecamatan Kembangan, Cengkareng, Tamansari, Kebon Jeruk, Kalideres, Palmerah dan Grogol Petamburan.

"Fire motor itu nantinya diberikan pada masing-masing RW dengan pertimbangan masing-masing RW tersebut sudah memiliki tandon penampungan air," kata Abdul Karim.

Kecamatan Tambora diberikan lebih banyak karena wilayah tersebut lebih padat penduduk dan rawan kebakaran dibanding wilayah lain. Selain membagikan fire motor, pihaknya juga telah memberdayakan warga dengan memberikan pelatihan Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL) dan Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar).

"Keberadaan fire motor diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kebakaran di wilayah Jakarta Barat, khususnya wilayah Tambora yang memang paling rawan," lanjutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement