Rabu 16 May 2012 23:38 WIB

Mau Libur Panjang? Inilah Tips dalam Perjalanan Berlibur

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dewi Mardiani
Berlibur. Ilustrasi
Foto: .
Berlibur. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menjelang libur panjang akhir pekan ini, tentu tidak sedikit yang merencanakan perjalanan panjang bersama keluarga atau sendiri ke luar kota. Supaya nyaman, selamat dalam lancar selama dalam perjalanan, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Prof Tjandra Yoga Aditama, memberikan tips dalam siaran persnya, Rabu (16/5) malam.

Ada tujuh tip yang disampaikan oleh Prof Tjandra, yakni:

1. Dalam berkendaran pastikan anda dalam kondisi prima dan tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan yang menyebabkan rasa kantuk. Kondisi prima membantu anda untuk lebih waspada dan siaga bila diperlukan.

2.Lengkapi alat pelindung diri seperti helm, pakaian lengkap dan sepatu bila berkendara sepeda motor. Bila melakukan perjalanan ke luar kota yang jauh dan akan melelahkan maka sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor. Bila menggunakan mobil dan sedang berkendara, maka yakinkan sabuk keselamatan telah terpasang.

3. Bila menggunakan alat transpotasi umum lain yakinkan diri anda mengendarai alat transportasi yang laik dengan memastikan ketersediaan  alat bantu keselamatan, seperti alat pemecah kaca pada bus, alat pemadam kebakaran pada semua moda transportasi, alat pelampung pada transportasi laut dan udara. Lokalisir jalan keluar terdekat bila terjadi keadaan darurat.

4. Patuhi  aturan yang berlaku dan bila anda berkendara dalam perjalanan panjang beristirahatlah setiap empat sampai enam  jam. Perjalanan panjang dan rasa lelah akan sangat berisiko bagi keselamatan.

5. Berkendara membutuhkan konsentrasi, maka hindari kegiatan lain selagi berkendara seperti menjawab telepon, menulis pesan SMS, BBM, email maupun kegiatan lain yang dapat membuyarkan konsentrasi berkendara anda.

6. Pastikan obat-obatan emergency atau pribadi anda tersedia selama perjalanan.

7. Catatlah nomor telepon penting dan darurat bila sewaktu-waktu anda membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement