Selasa 08 May 2012 12:59 WIB

Dahlan Iskan Setuju Pertamina Beli Ladang Minyak di Timteng

Pertamina
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menteri BUMN Dahlan mengimbau agar PT Pertamina membeli bahan bakar minyak (BBM) dan minyak mentah langsung dari sumbernya, bukan dari pedagang eceran.

"Kami sudah membahas kemungkinan Pertamina mengimpor BBM dan minyak mentah dari sumbernya," kata Dahlan Iskan saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, Pertamina sebagai perusahaan minyak terbesar seharusnya mengimpor minyak dari kilang-kilang minyak. ''Saat ini, Pertamina tengah mengkaji rencana pembelian BBM dan minyak dari sumber minyak tersebut," ujar Dahlan.

Untuk merealisasikan rencana itu, Dahlan menyetujui langkah Pertamina untuk mengakuisisi ladang minyak yang terdapat di Timur Tengah. "Itu salah satu usulan yang kami berikan agar mereka memiliki sendiri," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Afdal Bahaudin mengungkapkan dana hasil penawaran obligasi global senilai 2,5 miliar dolar AS, salah satunya untuk membiayai akuisisi.

Penawaran obligasi Pertamina mendapatkan respons positif dari investor global. Permintaan investor pada masa penawaran mencapai 9,3 miliar dolar AS, atau mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga lebih dari 3,7 kali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement