Selasa 01 May 2012 13:03 WIB

Menkopolhukam: Demo Hari Buruh Berjalan Tertib

Djoko Suyanto
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menilai pelaksanaan demontrasi memperingati Hari Buruh secara nasional masih berjalan tertib dan tidak menimbulkan kerusuhan.

"Sejauh ini para penyelenggara demo mestinya sudah komitmen, dan demo ini merupakan aksi damai dan jangan dikaitkan dengan hal yang bukan-bukan," kata Djoko kepada pers di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (1/5).

Hal tersebut disampaikan usai dirinya mengikuti rapat Strategi Nasional pemberantasan Korupsi yang dipimpin oleh Wakil Presiden Boediono.

Menurut dia, dari laporan yang diterima hingga siang ini belum ada kejadian luar biasa dari demonstran, sehingga dinilai masih dalam situasi yang aman. "Pak Kapolri belum memberikan laporan apa-apa kepada saya. Itu Pak Kapolri ada di dalam dan tidak memberikan laporan apa-apa, berarti baik-baik saja kan," kata Djoko.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution di Jakarta, sebelumnya, mengatakan Polda Metro Jaya mengerahkan 6.000 personel, Brimob Polri sebanyak 20 Satuan Setingkat Kompi (SSK), Brimob Polda sebanyak 14 SSK, unsur Sabhara sebanyak tujuh SSK dan dibantu TNI sebanyak 15 SSK. Satu SSK berkekuatan sekitar 100 prajurit.

"TNI akan difokuskan kekuatannya untuk mengamankan objek vital nasional. Bilamana ada tindakan anarkis, kita akan melaksanakan tindakan penegakan hukum berdasarkan peraturan yang ada, sehingga tidak menyimpang dan sesuai protap yang telah ditentukan," kata Saud.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement