Senin 23 Apr 2012 17:19 WIB

Mensos: Jumlah Anak Telantar Capai 4,5 Juta

Mensos, Salim Segaf Al Jufri
Mensos, Salim Segaf Al Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR - Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri mengatakan, jumlah anak telantar di seluruh Indonesia mencapai sekitar 4,5 juta anak yang tersebar di berbagai daerah.

    

"Anggaran yang tersedia di Kementerian Sosial sebesar Rp281 miliar hanya cukup untuk menganai sekitar 175 ribu anak," kata Mensos Salim Segaf Al Jufri seusai menyerahkan bantuan kelompok usaha bersama (KUBE), bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTLH) dan sarana lingkungan  di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (23/4).

    

Ia mengatakan, sebanyak 80 persen dari 300 ribu anak termasuk 230 anak jalanan di Jakarta sudah diatasi, dan diharapkan pada 2014 semua anak jalanan sudah bisa diatasi.

    

Mensos dalam kesempatan tersebut juga mengatakan untuk mengatasi kemiskinan, anak telantar, dan anak jalanan diperlukan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan seluruh komponen lainnya.

    

Anak telantar disebabkan eksploitasi terhadap anak tersebut oleh orang tuanya untuk menjadi anak-anak  jalanan, anak tidak tumbuh kembang dengan sehat, oleh sebab itu diperlukan pekerja sosial, relawan, dan kerja sama masyarakat untuk menyelamatkan anak Indonesia.

    

Total bantuan yang diberikan kepada Pemkot Karanganyar Rp2,8 miliar yang diterima secara  simbolis oleh Bupati Karanganyar Rina Iriani SR.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement