Sabtu 21 Apr 2012 17:09 WIB

Hari Kartini, Polwan Pontianak Tebar Bunga di Lampu Merah

Polwan, ilustrasi
Foto: Antara
Polwan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 40 polisi wanita dari Kepolisian Resor Kota Pontianak, berkaitan peringatan Hari Kartini, Sabtu (21/4), dengan mengenakan kebaya nasional menyebar di tiga titik 'traffic light' guna membagikan bunga dan permen disertai pesan tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan.

Para Polwan tersebut telah berkumpul di markas Polresta sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga memasuki tengah hari. Sebagian yang berada di markas tetap memberikan pelayanan publik dengan mengenakan kebaya dan berkain batik dan kepala dengan hiasan sanggul.

Sementara sebagian besar lainnya, dengan menumpang angkutan bus Polresta, mereka diantar ke lokasi 'traffic light' di tiga titik, yakni bundaran Universitas Tanjungpura di Jalan Ahmad Yani, perempatan jembatan Kapuas I jalan Pahlawan dan perempatan Jalan Diponegoro.

Mereka membawa ratusan bunga dan permen yang dikemas dalam plastik transparan dan disertai secarik kertas pesan yang isinya mengingatkan supaya pengguna kendaraan berhati-hati. Bunyi pesan tersebut di antaranya "Jangan ngebut sayang...Dunia ini indah....".

Kepala Satuan Bimas Polresta Pontianak Ajun Komisaris Polisi Salbiah, mengatakan sejak Jumat sebagian Polwan di Polresta sudah berkebaya saat melayani publik. Dan hari Sabtu bertepatan dengan Hari Kartini, semua Polwan dan PNS perempuan di lingkup Polresta diwajibkan mengenakan kebaya.

Ia menyatakan ide mengenakan kebaya tersebut mendapat dukungan atasan mereka, yakni Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Muharrom Riyadi dan Kapolda Kalbar Brigjen (Pol) Unggung Cahyono. Salbiah menambahkan, peringatan Hari Kartini untuk mengenang jasa tokoh nasional tersebut yang telah membuka 'jalan' kemajuan bagi kaum perempuan Indonesia.

"Kalau tidak ada upaya dari Kartini, kita sulit untuk menjadi seperti sekarang ini," kata mantan Kapolsek Pontianak Timur tersebut.

Dia menambahkan, saat ini banyak perempuan di Indonesia termasuk Kalbar sudah cukup maju. Maka ia mengajak para perempuan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada. "Sebenarnya kesetaraan gender sudah kelihatan dan sudah dirasakan tinggal potensi perempuannya," kata dia lagi.

Jumlah Polwan di jajaran Polresta Pontianak saat ini ada 47 orang. Namun yang turun hari Sabtu dan membagi-bagikan permen serta bunga ke pengguna jalan sebanyak 40 Polwan. Ada di antara mereka tidak dapat bertugas karena sedang sakit dan cuti melahirkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement