Rabu 18 Apr 2012 11:33 WIB

Jakarta Barat 'Kebanjiran' Lansia

Ilustrasi. (Foto ANTARA/Ari Bowo Sucipto)
Ilustrasi. (Foto ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat mencatat, sejak Februari 2012, jumlah lansia yang terdapat di Jakarta Barat mencapai 120.762 jiwa.

"Rinciannya, laki-laki 58.673 jiwa dan perempuan 62.089 jiwa. Mereka rata-rata berusia di atas 60 tahun," kata kepala Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat, Ahmad Fauzi, Rabu. Ia mengatakan, produktivitas lanjut usia (lansia) yang semakin menurun di usia senja membuat lansia kurang mendapat perhatian.

"Sebagai wujud kepedulian terhadap nasib lansia, Pemkot Adminsitrasi Jakarta Barat telah membentuk Komda Lansia Jakarta Barat. Nantinya mereka tidak hanya diberi pelatihan dan keahlian, tetapi juga akan dipekerjakan di kantor wali kota," kata Fauzi di Jakarta.

Di usianya yang lanjut, kata Ahmad Fauzi, banyak orang tua yang kurang mendapat perhatian dari anak-anaknya. Padahal, tidak sedikit lansia yang masih memiliki kemampuan dan semangat kerja yang tinggi. Namun, karena kalah bersaing dengan yang muda, membuat lansia tidak diberi kesempatan untuk bekerja.

Menurutnya, dengan dibentuknya Komda Lansia Jakarta Barat, diharapkan turut mendukung upaya penanganan lansia, baik dalam kesejahteraan, kesehatan, penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana umum, maupun dalam pemberian bantuan dan perlindungan sosial.

"Komda Lansia Jakarta Barat siap melakukan pembinaan dengan melatih para lansia bekerja sesuai dengan usia, kemampuan dan keahlian mereka. Misalnya dalam hal pemberian pekerjaan ringan di sekitar gedung kantor Wali Kota Jakarta Barat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement