Senin 16 Apr 2012 14:52 WIB

Farhan dan Wartawan Lain Aman di Kabul

Rep: Lingga Permesti/ Red: Hafidz Muftisany
Presenter M Farhan
Foto: Republika
Presenter M Farhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa membenarkan saat ini ada empat wartawan asal Indonesia yang terjebak di Kabul, Ibu Kota Afganistan,  Senin (16/4).  Keempat wartawan tersebut kini dalam kondisi aman dan berada di hotel yang berjarak kira-kira 100 meter dari KBRI Kabul.

Keempat wartawan tersebut atas nama presenter kenamaan M. Farhan, Mohamad Sidiq, Heka Irawan dan Asep BS. Menteri Luar Negeri RI telah menghubungi KUAI di KBRI Kabul dan berbicara langsung dengan salah satu wartawan Indonesia atas nama M. Farhan.

Keempat wartawan tidak datang ke Kabul untuk kapasitas pemberitaan Keempatnya mengikuti kerja sama teknis untuk pembangunan kapasitas dalam rangka Colombo Plan. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Anti Narkoba di Afghanistan. Keempatnya sudah berada di Kabul selama sekitar satu minggu.

Marty  telah instruksikan KUAI di Kabul untuk memberikan perlindungan dan memastikan keamanan empat wartawan Indonesia. "Kemenlu RI akan memfasilitasi rencana kepulangan 4 wartawan tersebut ke Indonesia via Dubai pada hari ini tanggal 16 April 2012 jam 16.00 WS,"katanya dalam siaran pers, Senin (16/4).

Selain itu, KUAI juga telah diinstruksikan agar menghubungi Kemlu Afghanistan agar memberikan perhatian dan perlindungan terhadap 4 wartawan Indonesia tersebut. Kemlu juga hari ini telah menghubungi Dubes Afghanistan di Jakarta untuk dapat memberikan perlindungan keselamatan dan keamanan bagi 4 wartawan Indonesia di Kabul hingga kepulangannya ke Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement