Senin 02 Apr 2012 06:16 WIB

Perbankan Diminta Dukung Pendanaan Wirausaha Transmigran

Rep: Dwi Murdaningsih / Red: Chairul Akhmad
Salah satu kawasan transmigrasi di Indonesia timur.
Salah satu kawasan transmigrasi di Indonesia timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, meminta perbankan bisa mendukung pendanaan di sektor kewirausahaan transmigran.

Menurutnya, hal itu menciptakan wirausaha baru di kawasan transmigrasi dan mendorong perkembangan investasi.

"Untuk itu, pemerintah juga saat ini juga tengah mengupayakan konsep wirausaha terintegrasi di kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM)," kata Muhaimin dalam keterangan pers,  Ahad (1/4).

Menurut dia, dukungan perbankan terhadap wilayah transmigrasi sudah terlihat, namun masih terbatas. Hanya beberapa bank saja karena memang banyak bank yang tidak mampu melayani di kawasan pedesaan dan wilayah transmigrasi.

"Oleh karena itu, kita terus ajak agar bank swasta yang mulai tertarik untuk mendukung wilayah pedesaan dan transmigrasi. Karena itu potensi ekonomi kreatif di pedesaan, lalu pembangunan infrastruktur pendesaan juga memberikan peluang untuk wilayah transmigrasi," kata Muhaimin.

Masuknya sektor perbankan di wilayah pedesaan dan kawasan transmigrasi akan mempermudah pengembangan pasar dan pusat perekonomian. Selain itu, tambah Muhaimin, keberadaan sektor perbankan pun diharapkan dapat membantu.

"Wirausaha di wilayah transmigrasi dan dapat memberikan nilai tambah. Dan kemudian berdampak pada mengalirnya arus investasi ke daerah dan menggerakkan ekonomi wilayah," pungkas Muhaimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement