Senin 26 Mar 2012 16:18 WIB

20 Tahun Lagi Jakarta Utara Jadi Kolam Pancing, Inilah Penyebabnya

Rep: rosmha widiyani/ Red: Heri Ruslan
Banjir (ilustrasi)
Foto: Antara/Maril Gafur
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 20 tahun lagi Jakarta Utara akan menjadi kolam pemancingan. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Medan Gaya Berat dan Pasang Surut, Badan Informasi Geospasial (BIG), Ibnu Sofian.

"Jika tidak ada kepedulian, bukan tidak mungkin Jakarta Utara jadi seperti itu. Sekitar 20 sampai 30 tahun lagi Jakarta jadi kolam pancing," ujarnya.

Hal ini disebabkan penurunan muka tanah (subsidence level). Diperkirakan muka tanah ibukota negara ini turun empat sampai 18 sentimeter per tahun. Untuk wilayah Jakarta Utara sendiri, penurunan bisa sampai 18 senti meter. Penyebab lain adalah kenaikan permukaan air laut sebesar 0,7 sampai satu sentimeter per tahun

Penurunan muka tanah, kata dia, lebih banyak disebabkan faktor manusia. Hal ini berhubungan erat dengan jumlah manusia yang semakin banyak. Faktor yang mempengaruhinya adalah over pumping, kompaksi, dan fibrasi.

Over pumping adalah banyaknya air tanah disedot manusia. Kompaksi adalah daya tekan yang semakin besar dari banyaknya bangunan. Sedangkan fibrasi adalah besaran getaran yang ditimbulkan pergerakan di atas tanah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement