Kamis 15 Mar 2012 11:18 WIB

PET Scan, Alat Diagnosis Dini Penyakit Kanker

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Didi Purwadi
Endang Rahayu Sedyaningsih
Foto: Antara/Andika Betha
Endang Rahayu Sedyaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kanker merupakan urutan kedua teratas dalam daftar penyakit yang mematikan setelah penyakit jantung. Berbagai penelitian tentang penyakit kanker dilakukan untuk mengidentifikasi faktor risiko, cara pencegahan dan cara pengobatannya.

Untuk penyakit kanker jenis tertentu, deteksi dini dapat mencegah risiko kematian. Itu lah mengapa kehadiran produk teknologi canggih seperti Positron Emission Tomography (PET) Scan sangat penting untuk bisa mendeteksi dini penyakit kanker.

''Kehadiran alat PET scan amat membesarkan hati kita. Dengan deteksi dini kanker, para klinisi di RSK Dharmais mempunyai peluang untuk melakukan pengobatan dini dan mengidentifikasi metode pengobatan yang tepat,'' ujar Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, saat meresmikan pemanfaatan Peralatan Penunjang Terapi dan Diagnostik serta Fasilitas Kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

Endang mengatakan peluang untuk sembuh atau harapan usia panjang akan semakin meningkat. Biaya pengobatan sebaliknya diharapkan dapat berkurang. Keberadaan PET Scan sekaligus diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan dalam negeri.

Ia berpesan agar para pegawai rumah sakit melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat yang baik. Mereka mesti membantu penyembuhan pasien secara optimal, profesional, dan penuh empati. "Semoga semua peralatan canggih penggunaannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," ujar Endang seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement