Ahad 26 Feb 2012 16:18 WIB

BMKG: Cuaca Ekstrem Hantui Wilayah Indonesia

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Dewi Mardiani
Gunung Merapi
Foto: arrosyadi.wordpress.com
Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan masih menghantui sebagian besar wilayah di Indonesia. Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tiga hari ke depan, curah hujan tinggi berpotensi turun di sebagian besar wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem BMKG Pusat Kukuh Ribudianto, menjelaskan daerah berpotensi hujan berat di Sumatra terjadi di Sumatra bagian utara khususnya Medan, Riau bagian timur, Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan bagian timur. Adapun di Jawa, ancaman terjadi di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat bagian selatan, dan Banten bagian barat.

Khusus di daerah Gunung Merapi yang terjadi banjir lahan dingin, kata Kukuh, potensi terjadinya banjir lahar dingin bakal terus terjadi. “Ini tergantung cuaca setempat yang diselimuti awan-awan yang membuat kemungkinan hujan lokal turun,” ujar Kukuh ketika dihubungi, Ahad (26/2).

Kukuh menyatakan, cuaca ekstrem yang diidentikkan hujan deras yang berpotensi membuat banjir layak diwaspadai di sepanjang kawasan selatan Sumatra dan Jawa. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada menghadapi cuaca ekstrem.

Warga yang tinggal dekat pantai, imbuhnya, diminta lebih ekstra waspada agar ketika terjadi ancaman ombak bisa menghindar. “Bagi yang tinggal di dataran tinggi waspada terjadi hujan. Tapi, besaran ancaman itu tergantung topografi setempat,” kata Kukuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement