Rabu 22 Feb 2012 05:00 WIB

200 Ahli Pembangunan Daerah IPB Kumpul di Bogor

Kampus IPB
Kampus IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Program Magister Profesional Manajemen Pembangunan Daerah (MPD) Institut Pertanian Bogor menggelar seminar nasional dan temu alumni 2012 yang akan diikuti 200 orang alumni se-Indonesia.

"Ini merupakan acara pertama yang kita gelar mengingat jumlah alumni MPD IPB sudah mencapai 200 orang sekaligus merayakan 10 tahun MPD-IPB," kata Ketua Panitia A Faroby Falatehan di Bogor, Selasa (21/2).

Faroby mengatakan seminar nasional akan menghadirkan sejumlah tokoh nasional, pemimpin daerah di sejumlah daerah yang menjadi alumni Manajemen Pembangunan Daerah (MPD) IPB.

Seminar nasional dan temu alumni 2012 tersebut mengangkat tema 'Kontribusi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Dayasaing Nasional' akan digelar Kamis (23/2)  di IPB International Cenvention Center Bogor.

"Pembicara kunci Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faizal Zaini dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman," katanya.

Selain menghadirkan pembicara kunci, seminar nasional dan temu alumni 2012 juga menghadirkan sejumlah pembicara diantarannya Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI I Made Suwandi, Direktur Otonomi Daerah Bappenas Budi Santoso, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Yusna Syaukat dan dari pihak swasta.

Ketua SC panitia Luhman M Baga mengatakan pemilih teman diangkat isu yang tengah terjadi saat ini. MPD sebagai wadah keilmuan dalam bidang pembangunan daerah berkeinginan untuk mendorong dayasaing daerah dapat meningkat.

Bergulirnya otonomi daerah mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah untuk membangun daerah."Pembangunan daerah yang dimaksud bertujuan mencapai kesejahteraan bagi seluruh masyarakat," katanya.

Melalui pertemuan ini lanjutnya diharapkan dapat menjadi sebuah formula bagaimana mendorong daya saing nasional. "Pembangunan daerah diharapkan dapat optimal kompetensi daerah sebagai wujut dayasaing daerang," kata Lukman.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Yusna Syaukat mengatakan Program Magister Profesional MPD merupakan sebagai respon dan sumbangsih IPB dalam membantu daerah mempersiapkan diri di era otonomi daerah dengan menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang mampu dalam perencanaan dan pengelolaan pembangunan daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement