Ahad 12 Feb 2012 20:38 WIB

Ramadhan Pohan : Pesawat Presiden Tidak Hanya SBY yang Pakai

Ramadhan Pohan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ramadhan Pohan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota DPR Komisi I Ramadhan Pohan mengatakan pembelian pesawat kepresidenan sudah tepat, sesuai prosedur dan telah disetujui oleh DPR.

"Saya mau mengatakan dalam proses ini Pemerintah sudah benar, DPR juga benar, pembelian pesawat kepresidenan sudah mendapat persetujuan DPR dan pengadaannya pun sesuai mekanisme yang berlaku, tanpa langgar ketentuan apapun." katanya dalam siaran pers , Sabtu (11/2).

Ramadhan yang juga Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat itu menambahkan pesawat kepresidenan tidak hanya SBY yang akan menggunakannya.

"Ini adalah pesawat kepresidenan. SBY paling banter memakainya sekira 1 tahun saja. Para capres dua pemilu 2014 dan 2019 malah berpeluang pakai 10 tahun. Jadi para capres macam Megawati, Aburizal,Prabowo,Wiranto, dan lainnya yang punya kans bakal lama menggunakan pesawat ini untuk tugas negara," katanya.

Ia juga menyakinkan bahwa pembelian pesawat ini murni dari APBN dan bukan menggunakan utang luar negeri. "Juga tidak ada implikasi dan tak ambil dana pendidikan, program prorakyat dan lain-lain," katanya.

Ia mengungkapkan,dengan pesawat kepresidenan yang memiliki masa pakai 35 tahun itu, diperkirakan akan menghemat 389 juta dolar AS dalam lima tahun dibandingkan menyewa pesawat carter.

"Untuk 5 tahun pertama saja,kita hemat USD 32 juta. Itu sudah hitung biaya operasional, maintenance dan lain-lain termasuk biaya penyusutan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement