Kamis 09 Feb 2012 23:04 WIB

Sukses di Dunia Usaha, Lulusan PT Perlu Terapkan Diagram 'Tulang Ikan'

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ramdhan Muhaimin
fishbone diagram (ilustrasi)
fishbone diagram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dunia usaha tidak pernah meremehkan kemampuan para lulusan perguruan tinggi. Namun, fakta yang terjadi masih banyak mahasiswa yang secara kualifikasi belum memenuhi kebutuhan pengusaha.

Corporate HR Manager PT Bakrie Metal Industries, Arifim Dimyati mengatakan, para lulusan perlu menerapkan diagram tulang ikan. Maksudnya, diagram tulang ikan atau fishbone diagram adalah salah satu metode meningkatkan kualitas. Sering juga diagram ini disebut dengan diagram sebab-akibat.

"Diagram ini akan menunjukkan sebuah dampak atau akibat dari sebuah permasalahan, dengan berbagai penyebabnya. Efek atau akibat dituliskan sebagai moncong kepala. Sedangkan tulang ikan diisi oleh sebab-sebab sesuai dengan pendekatan permasalahannya," kata dia dalam Talkshow LP3I bertajuk "Tips and Tricks Mempersiapkan Diri Menjadi Remaja Mandiri yang Siap Menghadapi Dunia Usaha & Industri di Jakarta, Kamis (9/2).

Arifin mengatakan, pada dasarnya setiap manusia memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Kalau individu lain bisa mencapai keberhasilan mengapa individu lainnya tidak bisa. "Perlu anda tahu, dunia bisnis itu membuka diri lho. Kita punya CSR yang membantu masyarakat untuk memperbaiki kualitas diri. Saya kira pengusaha senang dengan aktivitas pendidikan, buktinya kalau tidak demikian tidak akan mungkin ada magang," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement