Rabu 08 Feb 2012 17:15 WIB

Wow, 3 Universitas Ternama Indonesia Bertengger di 100 Top Asia

Kampus UGM Yogyakarta
Foto: Republika
Kampus UGM Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Tiga perguruan tinggi Indonesia masih menjadi bagian dari 100 universitas terbaik di Asia, dan 500 terbaik dunia. Penilaian tersebut berdasarkan kriteria webometrik. 

Berdasarkan rangking yang dibuat webometrics.com per Januari 2012, Universitas Gadjah Mada (UGM) menepati rangking 30 Asia, Institut Teknologi Bandung (ITB) rangking 33, dan Universitas Indonesia (UI) ke 53. 

Sementara untuk tingkat dunia, UGM berada di peringkat 249, ITB (277), dan UI (365). 

The Webometrics Ranking of World Universities diketahui sebagai laman web yang memeringkat universitas-universitas di dunia berdasarkan indikator komposit yang memperhitungkan baik volume isi web (jumlah halaman web dan file), visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai denan jumlah di link-eksternal yang mereka terima. 

Peringkat tersebut dipublikasikan Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian  yang berbasis di Madrid, Spanyol. Lembaga penelitian tersebut bernama Spanish National Research Council (CSIC). 

Sejak 2004, Webometrics telah merangking institusi perguruan tinggu dan sampai saat ini telah terdata sebanyak 20.300 perguruan tinggi di seluruh dunia. Dua kali dalam setahun, webometrics mengumumkan risetnya, yaitu Januari dan Juli. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement