Jumat 03 Feb 2012 21:12 WIB

Batu Bara Cemari Teluk Pacitan

REPUBLIKA.CO.ID,PACITAN--Teluk Pacitan di pesisir selatan Kota Pacitan, Jawa Timur, mengalami pencemaran serius akibat tumpahan ratusan meter kubik batu bara dari lambung kapal tongkang ATK 3702 yang bocor dan labuh jangkar di kawasan itu.

Informasi dari pengelola objek wisata Pantai Teleng Ria yang mengalami dampak paling parah, batu bara tersebut telah mencemari kawasan teluk sejak tiga hari lalu, sesaat setelah kapal tongkang memilih labuh jangkar untuk menghindari gelombang pasang.

"Kami sangat menyesalkan kejadian ini. Lambung tongkang bocor sehingga muatan tumpah," kata Manajer Operasional Pantai Wisata Teleng Ria Andri Hermansyah di Trenggalek, Jumat.

Ia mengatakan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah memberi peringatan kepada para wisatawan agar tidak bermain air, apalagi mandi di pantai.

Andri khawatir batu bara yang tumpah dan bercampur dengan air laut menyebabkan kulit para wisatawan iritasi atau kerusakan jaringan.

"Kami meminta kepada instansi terkait agar melakukan penyelidikan dan penelitian, khususnya untuk mengetahui tingkat cemaran jika memang ada," katanya.

Tumpahan batu bara dari kapal tongkang ATK 3702 ternyata membuat banyak warga sekitar sejak dua hari terakhir beramai-ramai mengumpulkan material itu yang terseret arus ke pinggir Pantai Teleng.

Aminah, seorang warga setempat mengatakan, batu bara yang sudah terkumpul kemudian akan dijual ke pengepul dengan harga sebesar Rp200 per kilogram.

Untuk mempercepat pengumpulan batu bara, Aminah kemudian membagi tugas dengan anaknya. "Anak saya bagian yang mengangkut. Nanti hasil penjualannya bisa untuk tambah beli lauk," kata dia.

Satu kapal tugboat KSA 08 penarik tongkang bermuatan 12 ribu metrik ton batu bara terpaksa berlabuh karena cuaca buruk. Namun saat berlindung, jangkar tak mampu menahan gempuran ombak dan gelombang.

Tali "cross" penarik tongkang juga masuk dan membelit baling-baling kapal sehingga mesin kapal rusak dan harus menjalani perbaikan di kolam labuh Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement