REPUBLIKA.CO.ID,
JAKARTA -- Raja Okto Saptahari, promotor yang berhasil mendatangkan selebriti tenar dunia Justin Biber ke Jakarta mengatakan ingin pemuda-pemuda di Indonesia lebih tertarik menggeluti dunia kewirausahaan.
"Untuk itu saya dan kawan-kawan ingin menginisiasi gerakan 'ayo menjadi pengusaha," kata Raja Okto Saptahari yang juga merupakan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta, Kamis.
Dia menjelaskan, keberhasilan dirinya mendatangkan Justin Bieber adalah salah satu contoh prestasi menjadi seorang pengusaha muda. Sebagai seorang "pemain" baru dalam dunia kepromotoran musik dirinya tidak lantas puas mendatangkan Bieber dan masih ingin mengajak sederet nama-nama artis kelas dunia lainnya ke Indonesia.
Okto menjelaskan, sebagai ketua Hipmi dirinya ingin para pemuda di seluruh Indonesia tertarik menjadi pengusaha dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.
"Atas dasar itulah kawan-kawan di Hipmi membuat gerakan 'ayo menjadi pengusaha' dan menggunakan sistem jemput bola hingga ke tingkat kampus atau perguruan tinggi," katanya.
Dia menjelaskan, pada saat ini anggota HIPMI sekitar 40 ribu pengusaha muda dari seluruh Indonesia. "Semakin banyak lagi maka akan semakin baik karena pemuda ikut menciptakan lapangan pekerjaan," katanya.
Dia menambahkan, sebagai ketua HIPMI dia ingin seluruh anggotanya ikut aktif dalam menyosialisasikan gerakan "cinta produk dalam negeri". Salah satunya adalah berperan aktif dalam mendukung pemasaran mobil esemka.
"HIPMI akan memberdayakan anggota 33 provinsi yang memiliki 'dealer' untuk berperan aktif memasarkan mobil esemka," katanya. Selain itu, dia menambahkan bahwa HIPMI akan membuat gerakan untuk mengajak masyarakat khususnya kelas menengah ke atas untuk menggunakan BBM nonsubsidi.