Senin 30 Jan 2012 16:59 WIB

Marzuki Alie: Islam Justru Korban Utama Terorisme

Rep: Esthi Maharani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Tantangan bagi dunia islam sekarang ini cukup berat. Pandangan itu disampaikan Presiden Parliamentary Union of the Organization of Islamic Cooperation (PUIC) ketujuh, Marzuki Alie mengatakan.

Islam sering diasosiasikan dengan terorisme. Tetapi, menurutnya, justru terorisme telah merugikan nama islam. “Justru islam adalah korban terbesar dan pertama dari terorisme,” katanya dalam acara Parliamentary Union of the Organization of Islamic Cooperation (PUIC) Conference atau konferensi negara-negara Islam , Senin (30/1).

Menurut dia, dengan adanya organisasi PIUC yang terdiri dari 58 negara-negara islam, harus bisa dimanfaatkan untuk bisa mengembalikan citra islam.

“PIUC sebagai partner OKI juga harus bisa memperkenalkan dan menyebarkan ajaran islam yang mengedepankan segi humanism dari islam. Tidak menerapkan islam yang keliru,” katanya.

Melihat hasil yang telah dicapai dalam konferensi PIUC sejak 24 Januari ini, ia melihat PIUC memiliki posisi tawar yang kuat.

Ia pun mengajak agar negara-negara islam anggota PIUC untuk meneguhkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki baik secara politik, sosio budaya, hingga pertahanan. “Sehingga PIUC bisa memberikan kontribusi konkret yang menjadi kepentingan bersama,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement