Selasa 20 Dec 2011 01:02 WIB

Timteng dan Asia Selatan, Negara Asal Imigran Ilegal Terbanyak yang Melintasi Indonesia

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Wilayah Indonesia menjadi wilayah perlintasan favorit bagi para imigran gelap yang ingin mencari suaka politik ke Australia atau Selandia Baru. Di antara sejumlah negara ada beberapa yang paling sering menjadikan Indonesia sebagai tempat perlintasan.

"Terutama negara-negara asal TImur Tengah dan negara-negara asal Asia Selatan seperti Afganistan, Bangladesh, dan Pakistan," kata Direktur Penyidikan dan Penindakan Direktorat Jenderal Imigrasi, Dirman Sukardi di kantornya, Senin (19/12).

Dirman mengatakan, para imigran dari negara-negara tersebut, menganggap Australia dan Selandia Baru sebagai tempat yang aman. Sehingga, mereka berjuang sekuat tenaga untuk mencapai dua negara tersebut tetapi harus melalui wilayah Indonesia dengan cara-cara ilegal.

Seperti diketahui, masalah imigran gelap menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya, imigran gelap tersebut membawa masalah bagi Indonesia. Sebagai contoh, baru-baru ini, ratusan orang imigran gelap tewas akibat perahu yang mereka tumpangi karam saat berada di perairan Trenggalek, Jawa TImur. Padahal, tujuan utama mereka adalah Australia dan Indonesia hanya tempat perlintasan semata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement