Senin 14 Nov 2011 13:59 WIB

Gempa 6.4 SR Goyang Labuha

REPUBLIKA.CO.ID,TERNATE--Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang Labuha, ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Senin pukul 13.05 WIT namun sejauh ini belum diperoleh adanya kerusakan fisik dan korban jiwa akibat gempa itu.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Ternate Aryo Fauji mengatakan, pusat gempa tersebut terletak 69 kilometer barat daya Labuha, 162 kilometer timur laut Sanana-Maluku dan 196 kilometer barat daya Ternate dan 326 kilometer tenggara Bitung-Sulawesi Utara.

Gempa yang sempat dirasakan di sejumlah wilayah di Maluku Utara seperti di Kota Ternate tersebut berada pada kedalaman 10 kilometer dan dipastikan tidak akan menimbulkan gelombang tsunami.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Halmahera Selatan Daud Djubedi ketika dihubungi menyatakan, gempa tersebut sempat mengagetkan warga di Kota Labuha, namun tidak ada yang sampai mengungsi ke tempat ketinggian.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan juga belum menerima laporan mengenai adanya korban jiwa atau kerusakan fisik akibat gempa berkekuatan 6,4 SR tersebut. "Bupati Halsel telah menginstruksikan kepada seluruh instansi terkait di lingkup Pemkab Halsel untuk melakukan pengecekan di lapangan mengenai kemungkinan adanya korban jiwa atau kerusakan fisik akibat gempa tersebut," katanya.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan telah menyiapkan langkah-langkah jika gempa tersebut menimbulkan korban jiwa atau kerusakan fisik, seperti pemberian bantuan pengobatan dan lokasi penampungan jika ada warga yang rumahnya rusak.

Ia menambahkan, warga Labuha dan daerah lainnya di Halmahera Selatan sudah terbiasa merasakan terjadinya gempa, oleh karena itu, kalau terjadi gempa mereka tidak panik, kecuali jika ada peringatan bahwa gempa yang terjadi akan menimbulkan tsunami.

Sejumlah daerah di Halmahera Selatan, seperti Pulau Obi beberapa waktu lalu gempa berkekuatan 6,1 SR mengakibatkan puluhan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum di pulau itu mengalami kerusakan berat dan ringan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement