Selasa 25 Oct 2011 06:50 WIB

Kewenangan Pimpinan KPK Sampai Masa Tugas Berakhir

Rep: Muhammad Hafil/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masa jabatan empat orang pimpinan KPK saat ini akan berakhir pada Desember 2011 mendatang. Namun, saat ini mereka masih diberikan kewenangan untuk membuat kebijakan strategis.

"Ya tetap jalan terus sampai masa tugas berakhir. Sama sekali tidak ada perubahan," kata Juru Bicara KPK Johan Budi saat dihubungi Republika,  Selasa (25/10) pagi.

Empat pimpinan yang akan berakhir masa jabatannya itu  adalah Bibit S Rianto, Chandra M Hamzah, M Jasin dan Haryono Umar.  Sedangkan Busyro Muqoddas yang menjabat sebagai ketua berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi tetap melanjutkan tugasnya hingga tiga tahun ke depan.

Johan memastikan meski di ujung masa tugas, empat orang yang menjadi wakil dari Busyro Muqoddas itu tetap memiliki kewenangan penuh tanpa ada satu pun larangan untuk membuat kebijakan strategis. Misalnya besok masa tugas berakhir, tapi ada surat untuk menetapkan tersangka hari ini, tetap akan  ditandatangani saat itu juga.

Seperti diketahui, masa tugas empat pimpinan KPK tersebut akan berakhir pada akhir tahun ini. Saat ini Komisi III DPR tengah menyeleksi delapan nama calon pengganti mereka yang diajukan oleh panitia seleksi calon pimpinan KPK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement