Senin 17 Oct 2011 18:40 WIB

IPW: KPK Harus Introspeksi

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Chairul Akhmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – KPK diminta untuk introspeksi diri terkait dengan kinerjanya selama ini. KPK dinilai mengalami permasalahan seputar proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukannya baru-baru ini.

Dibebaskannya Walikota Bekasi, Mochtar Mochammad, dari dakwaan korupsi di persidangan merupakan hantaman telak terhadap proses penyelidikan dan penyidikan yang kurang teliti.

Selain itu, KPK dinilai harus mengkaji seputar fenomena korupsi di Indonesia yang tiada henti. Penindakan yang terus menerus dilakukan justru tidak menimbulkan efek jera bagi pelaku tindak pidana yang merugikan negara tersebut. "KPK harus introspeksi secara menyeluruh," ujar Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, saat dihubungi, Senin (17/10).

Menurutnya, KPK harus terus mempertahankan kinerjanya agar semakin baik sekaligus melakukan pengawasan internal yang menyeluruh. Hal ini diperlukan agar tidak ada oknum tak bertanggungjawab bermain dalam kasus-kasus korupsi yang sedang diselidiki KPK.

Selain itu, KPK harus lebih mengaktifkan peran pencegahan karena dinilai mampu menjadi alternatif penanaman budaya anti korupsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement