Selasa 27 Sep 2011 19:02 WIB

Terbakar Senin, KM Marina Masih Keluarkan Asap Pekat

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN - Bangkai kapal KM Marina Nusantara yang terbakar setelah bertabrakan dengan tongkang pengangkut batubara, Senin (2 pagi di perairan Sungai Barito, hingga kini masih mengeluarkan asap pekat.

Pantauan di lokasi kejadian, Selasa (27/9), asap masih mengepul dan membumbung tinggi dari bangkai kapal jenis 'roll of roll on' yang terlihat gosong dan sudah dikandaskan oleh tim penyelamat.

Kepala Cabang PT Prima Vista Lukman L Hakin mengatakan, hingga saat ini petugas belum ada yang berani masuk ke kapal karena masih sangat berbahaya.

Dengan demikian, kata dia, pihaknya belum bisa memastikan apakah masih ada korban di dalam kapal atau tidak. "Namun yang pasti sebanyak 443 penumpang yang tertera di dalam manifes sudah berhasil kami evakuasi," katanya.

Secara terpisah Komandan Lanal Banjarmasin, Letkol Achmad Wibisono memperkirakan, berdasar pengalaman biasanya tidak kurang dari satu minggu kapal yang terbakar baru bisa didekati.

"Kalau saat ini masih sangat berbahaya sehingga tidak seorangpun yang diperbolehkan mendekat ataupun menaiki kapal tersebut," katanya.

Sementara itu, hingga saat ini tim gabungan terus melakukan pencarian terhadap korban KM Marina yang terbakar dengan mengelilingi lokasi kejadian terutama di pinggiran Sungai Barito tempat kapal tersebut terbakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemprov Kalsel, Zainal Ariffin mengatakan, pencarian akan dilakukan hingga diyakini seluruh korban bisa ditemukan atau diselamatkan.

"Tidak ada kepastian kapan pencarian dihentikan, yang pasti kita akan berusaha maksimal untuk membantu korban," katanya.

Sebelumnya, diberitakan KM Marina Nusantara yang membawa 443 orang terbakar di perairan Barito Banjarmasin pada Senin sekitar pukul 7.30 Wita, tiga orang dinyatakan tewas dan beberapa di antaranya masih belum ditemukan.

Berdasarkan manifes di Polairud, kapal naas tersebut yang melakukan pelayaran dari Surabaya menuju Banjarmasin tersebut membawa sebanya 443 orang penumpang yang terdiri dari dewasa 394 orang, anak-anak 23 orang dan bayi 22 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement