Selasa 20 Sep 2011 17:09 WIB

Menhut Targetkan Penanaman 1 Miliar Pohon Tahun Ini

Rep: Yulianingsih/ Red: Johar Arif
Zulkifli Hasan
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya menargetkan penanaman pohon minimal satu milyar pohon pada tahun 2011. Tahun lalu target menenam satu miliar pohon terpenuhi, bahkan tertanam sedikitnya 1,5 milyar pohon.

"Akan kita mulai Oktober mendatang, hingga Januari sudah tertanam itu pohon," tegas Menhut kepada wartawan usai menghadiri syawalan keluarga besar rimbawan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Gedung Wanabhakti Yasa, Selasa (20/9). Untuk itu pihaknya juga mengajak berbagai pihak termasuk masyarakat, pemerintah daerah dan BUMN untuk ikut dalam gerakan menanam ini.

Anggaran yang disediakan untuk gerakan menanam satu milyar pohon mencapai Rp 3 trilyun. Zulkifli sendiri mumji masyarakat Yogyakarta yang memiliki budaya menanam tinggi. Bahkan, menurutnya, budaya menanam masyarakat Yogyakarta tertinggi di Indonesia. "Daerah lain harus belajar budaya menanam masyarakat Yogyakarta yang sudah bagus," terangnya.

Syawalan keluarga besar rimbawan DIY diikuti oleh ratusan petugas polisi hutan dan pengurus hutan di seluruh DIY. Hadir dalam kesempatan itu calon walikota Yogyakarta dari Partai Amanat Nasional, Ahmad Hanafi Rais.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi DIY, Akhmad Dawam mengatakan 80 persen lahan hutan yang ada di DIY berada di Kabupaten Gunungkidul. "Sisanya merata di tiga kabupaten yaitu Sleman, Kulonprogo dan Bantul sedangkan di Kota Yogyakarta tidak ada lahan hutan," tegasnya.

Produk hutan di DIY sendiri sebagian besar masih berupa kayu. Ada produk lainnya berupa minyak atsiri (minyak kayu putih) dan sebagian besar di produksi di Gunungkidul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement