Kamis 30 Jun 2011 11:09 WIB

Yuk Nonton Film Dokumentar Soekarno di Gedung Indonesia Menggugat

Presiden Soekarno
Foto: Life
Presiden Soekarno

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Film dokumenter tentang Soekarno akan diputar bagi masyarakat umum di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Kota Bandung, Kamis malam ini.

"Film ini berdurasi sekitar 60 menit, akan diputar malam ini mulai pukul 18.30 WIB yang diperuntukan bagi masyarakat umum," kata panitia penyelenggara, Alexander, Kamis.

Kegiatan ini masih merupakan bagian dari rangkaian acara "Melihat Indonesia", yakni acara yang digelar untuk memperingati 101 tahun lahirnya Presiden RI pertama itu.

Sebelumnya, pameran foto Soekarno sebanyak 101 lembar telah digelar sejak Jumat (24/6) hingga hari ini. "Pemutaran film dokumenter malam ini sekaligus sebagai penutupan acara 'Melihat Indonesia'," lanjut Alex.

Film dokumenter produksi tahun 2001 ini akan menceritakan rekaman sejarah tentang Soekarno dan perjalanan bangsa Indonesia.

Setelah pemutaran, lanjut Alex, penonton bisa berdiskusi atau mengajukan pertanyaan seputar film yang diputar. Alex berharap, pemutaran film dokumenter bisa mengingatkan masyarakat akan pentingnya sejarah.

"Sebenarnya hal yang membuat bangsa ini sengsara seperti sekarang adalah karena masyarakatnya melupakan sejarah. Padahal lewat sejarah kita bisa lebih memaknai dan menghargai perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan," katanya.

Selanjutnya, untuk memperingati 81 tahun pledoi Soekarno yang terkenal dengan sebutan Pledoi Indonesia Menggugat, akan digelar reka ulang pembacaan gugatan Soekarno pada 18 Agustus mendatang.

"Kami ingin menghadirkan kembali suasana tersebut, maka reka ulang ini akan dibuat secara teaterikal," kata Alex.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement