Selasa 14 Jun 2011 14:16 WIB

Tiket KA dapat Dipesan Online

Rep: C10/ Red: Johar Arif
Warga memesan tiket kereta api (KA) di loket Stasiun Jatinegara, Jakarta.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Warga memesan tiket kereta api (KA) di loket Stasiun Jatinegara, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, GAMBIR -- Kini tiket kereta api dapat dipesan secara online. Peresmian pemesanan tiket KA online dilakukan oleh PT KAI di Stasiun Gambir, Selasa (14/6). Peluncuran tersebut dimaksudkan untuk memudahkan warga mendapatkan tiket kereta api (KA), tanpa harus mengantri atau menunggu lama.

Namun demikian tidak semua tiket dapat dipesan secara online. Pemesanan secara online hanya berlaku untuk tiket kereta eksekutif dan bisnis saja. Selain dapat dipesan secara online, tiket dapat dipesan di salah satu mini market, yaitu Indomaret di seluruh wilayah Jawa.

Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito, mengatakan inovasi ini bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan kemudahan memperoleh tiket KA. Menurutnya saat ini masyarakat sudah sangat akrab dengan kemudahan teknologi informasi yang bernuansa jaringan internet.

Sistem pembelian tiket KA online dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun termasuk melalui telepon genggam dan kios tiket (vending machine) yang akan ditempatkan di stasiun maupun di pusat perbelanjaan. Untuk pembelian tiket melalui telepon bisa menghubungi contact center 121 dari telepon rumah atau 021-121 dari telepon genggam. Setelah itu para calon penumpang akan memperoleh kode pemesanan. Kemudian pembayaran dapat dilakukan di ATM maksimal setelah 3 jam mendapat kode pemesanan. Lalu bukti pembayaran ATM tersebut dapat ditukarkan di loket stasiun pada saat sebelum atau hari keberangkatan.

Pemesanan tiket melalui Indomaret dapat dilakukan pada H-30 sampai dengan H-1 sebelum keberangkatan. "Warga yang hendak membeli tiket KA dapat langsung mendatangi Indomaret manapun di seluruh wilayah Pulau Jawa. Kemudian mengisi formulir pemesanan tiket,” ujarnya.

Formulir berisi informasi mengenai nama calon penumpang, alamat, nomor telepon, nama kereta api yang digunakan, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan. Maksimal pemesanan sama seperti saat membeli tiket secara manual, yakni sebanyak empat tempat duduk.

Setelah mengisi informasi tersebut, calon penumpang dapat melakukan transaksi pembayaran di minimarket tersebut. Setelah itu akan diberikan kode booking tiket dan bukti pembayaran dari Indomaret yang bisa langsung ditukar dengan tiket KA di stasiun keberangkatan.

Direktur Marketing PT Indomarco Pristama (Indomaret), Wiwiek Yusuf, menegaskan inovasi baru pembelian tiket KA ini merupakan solusi untuk mencegah masyarakat mengantri berjam-jam di stasiun saat menjelang Hari Raya atau pun musim liburan. "Kini masyarakat tidak perlu lagi antri berjam-jam atau bahkan menginap di stasiun, pada saat hari raya maupun hari liburan, karena sudah ada layanan ini," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement