Senin 13 Jun 2011 16:05 WIB

DPR tak Dukung Presiden Beli Pesawat RI 1

Rep: C41/ Red: Didi Purwadi
Pramono Anung
Pramono Anung

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Rencana pembelian pesawat kepresidenan belum dinilai penting oleh DPR. Terutama melihat banyak kondisi masyarakat yang masih memprihatinkan dan lebih membutuhkan bantuan pemerintah.

Pemerintah berencana membeli pesawat kpresidenan jenis Boeing 2 seharga 58 juta dollar AS atau Rp 494 miliar. Alasannya dengan membeli pesawat bagi perjalanan RI 1, itu akan lebih menghemat anggaran negara daripada menyewa pesawat setiap kali presiden melakukan kunjungan ke luar daerah atau luar negeri.

Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, menilai alasan yang dilontarkan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardoyo itu terlalu dibuat-buat. "Apakah pembelian ini penting di saat kondisi masyarakat kita kurang menggembirakan?" tanya Anung saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, senin (13/6).

Politisi senior PDIP ini justru mengusulkan Presiden tetap menggunakan pesawat komersil. Jika masalahnya logo kepresidenan di tubuh pesawat,"Tinggal pasang logo RI 1, pihak Garuda Indonesia pasti tak keberatan," tambah Anung.

 

Cara ini menurutnya akan tetap memperlihatkan kewibawaan Presiden SBY di mata negara lain yang dikunjunginya sekaligus menghemat pengeluaran. Sekalipun diakui Anung, Indonesia merupakan negara besar, tetap saja pembelian pesawat kepresidenan harus dipikir ulang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement