Rabu 01 Jun 2011 11:59 WIB

Lagu Franky Sahilatua Bikin Megawati Terisak di Podium

Rep: c41/ Red: Siwi Tri Puji B
Megawati Soekarnoputri
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri terisak saat hendak menutup pidato kebangsaannya dihadapan Presiden SBY dan sejumlah mantan presiden RI lainnya. Ketua Umum PDIP ini menitikan air mata saat akan membacakan sepenggal lirik  Pancasila Rumah Kita karya Franky Sahilatua.

"Saudara saudara sekalian, sebangsa setanah air, sebelum mengakhiri pidato ini, saya ingin kembali menyampaikan sedikit cuplikan lagu yang begitu indah yang telah kita dengarkan tadi. Yang disampaikan Franky Sahilatua, sahabat saya, ke dalam syair (terisak) Pancasila Rumah Kita...(menyeka airmata)."

Megawati hadir menyampaikan pudato kebangsaan pada Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung DPR RI. Selain Megawati, BJ Habibie dan presiden SBY juga menyampaikan pidato kebangsaannya dihadapan para petinggi lembaga negara dan politisi.

Berikut sepenggal lirik Pancasila Rumah Kita yang dibacakan Megawati yang sebelum sempat dilantunkan oleh penyanyi Lea Simajuntak.

Pancasila Rumah Kita/ rumah kita semua// Nilai dasar Indonesia/ Rumah Kita Selamanya// Untuk semua keluarga menyatu/ Untuk semua saling membagi// Pada setiap insan/ sama dapat/ sama rasa// Oh Indonesiaku/ Oh Indonesiaku//

"Selamat memperingati 66 tahun lahirnya Pancasila, terimakasih, wassalamu 'alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh, om shanti shanti shanti om. Merdeka!" teriak Mega mengakhiri pidatonya. (c41)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement