Rabu 18 May 2011 10:23 WIB

Indahnya Keharmonisan Umat Beragama, Umat Kristen Dobo Nyanyikan Mars MTQ

 Musabaqah Tilawatil Quran (ilustrasi)
Foto: Antara
Musabaqah Tilawatil Quran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON--Ini pertanda baik keharmonisan antarumat beragama. Umat Kristen di Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru, siap menyanyikan mars Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada Pembukaan MTQ XXIV Tingkat Provinsi Maluku, Sabtu (21/5).

Kepala Kementerian Agama Kepulauan Aru Moh Dahlan Ohoirenan saat dihubungi per telepon dari Ambon, Rabu, mengatakan mereka sudah berlatih menyanyikan mars MTQ. "Jadi latihan sudah dimatangkan untuk umat Kristen menyanyikan mars MTQ sebagai perwujudkan kebersamaan dan keharmonisan jalinan untarumat beragama di Kepulauan Aru," ujar Dahlan.

Dia mengakui dukungan umat Kristen di Dobo mendukung penyelenggaraan MTQ yang merupakan tanggung jawab moril warga Kepulauan Aru sebagai tuan rumah penyelenggara. "Saya siang nanti bersama Ketua Klasis Kepulauan Aru, Wakil Uskup, para imam dan pendeta/ gembala dari gereja - gereja saudara akan mengevaluasi kesepakatan moril untuk menyukseskan MTQ," kata Dahlan.

"Kami awalnya memprogramkan pendeta se-Kepulauan Aru yang menyanyikan mars MTQ, tapi terbentur tugas dan daerah tersebar di pulau-pulau sehingga diputuskan bertugas di kota Dobo dan sekitarnya saja," ujarnya.

Ketua Klasis Kepulauan Aru Pdt Max Waitau mengatakan Ketua Badan Pekerja Harian (BPH) Sinode GPM Pdt Dr John Ruhulesin saat berkunjung ke Dobo pada akhir Maret lalu telah mengarahkan umat Kristen agar turut menyukseskan MTQ.

Ketua Panitia Penyelenggara MTQ Tingkat Maluku Bram Gainau mengatakan persiapan sarana dan prasarana tinggal pembenahan saja. "Kami telah melakukan uji coba listrik pada kemarin malam karena dibutuhkan untuk mendukung kelancaran kegiatan MTQ terutama di arena utama dan perkampungan pelajar sebagai tempat tinggal peserta," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement