Rabu 04 May 2011 14:14 WIB

Taufiq Kiemas: Ubah Pola Pikir Santir Al Zaytun

Rep: Esthi Maharani/ Red: Djibril Muhammad
Ketua MPR Taufiq Kiemas
Foto: Republika
Ketua MPR Taufiq Kiemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua MPR, Taufiq Kiemas menilai pondok pesantren Al Zaytun yang diduga berhubungan dengan keberadaan NII tak perlu ditutup, terutama sekolah yang ada di sana. "Sekolahnya nggak perlu ditutup tapi diluruskan kembali ideologinya," katanya, Rabu (4/5).

Caranya, dengan mengubah kurikulum yang diajarkan di sana. Ia pun berjanji akan segera berbicara dengan pihak kementerian agama dan kementerian pendidikan nasional. Menurutnya, hal yang diperlukan upaya persuasif untuk merubah pola pikir santri Al Zaytun.

Terutama, jika sudah tersentuh doktrinasi NII KW 9. Namun, jika harus menutup pondok pesantren ini dinilai bukan sebagai jawaban tepat. Dilain pihak, untuk merespon keberadaan NII, Ketua MPR dan Sujono Kartosuwiryo akan mengunjungi tiga daerah yakni Banten, Garut, dan Tasikmalaya.

Rencananya mereka akan menemui para pengikut NII dan memberikan pemahaman tentang keberadaan NII dan NKRI. Tiga daerah ini dipilih karena ada menurut sejarah, NII banyak berkembang terutama di kawasan Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement