Rabu 04 May 2011 13:39 WIB

Tak Ingin Ketinggalan, Kini Giliran Komisi II Sambangi India

Rep: C41/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Plesiran anggota DPR RI terus mendapat sorotan. Setelah kepergian Ketua DPR RI Marzuki Alie dan rombongannya ke Irak, kali ini Komisi II tak mau ketinggalan pesawat. India pun menjadi tujuan kunjungan luar negeri mereka.

Komisi yang membidangi pemerintahan dalam negerki, otonomi daerah, aparatur negara dan agraria ini akan berada lima hari terhitung sejak Selasa (3/5) kemarin. Dengan menelan anggaran Rp 453 juta, komisi yang diketuai Chairuman Harahap dari Fraksi Golkar ini mengemban misi mempelajari kependudukan negeri pesohor Shahrukh Khan tersebut.

Kepergian Komisi II ini menambah panjang daftar kunjungan luar negeri yang dilakukan anggota dewan selama masa reses 9 April-8 Mei ini. Total sebanyak 14 kali keberangkatan ke luar negeri yang dilakukan dengan anggaran mencapai Rp 15 miliar.

"Kritikan maupun saran masyarakat dianggap bualan kosong," ujar Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Rabu (4/5).

Fitra terus mengkritik kepergian dewan ke luar negeri yang terkesan sembunyi-sembunyi ini. Kesan ini sangat terasa karena tidak ada sikap transparan para wakil rakyat tersebut sekalipun kepergian mereka menggunakan biaya dari anggaran publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement