Senin 18 Apr 2011 22:32 WIB

Penipuan Melalui Akun Facebook Makin Meresahkan

Facebook
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penipuan yang dilakukan melalui akun facebook tertentu mulai marak dan meresahkan. Meski sudah banyak yang mengetahui modusnya, namun tak sedikit dari pemilik akun jejaring sosial tersebut menjadi korban, akibat pembajakan akun yang dilakukan peretas.

Modus penipuan beragam. Seperti yang terjadi di Gorontalo baru-baru ini, awalnya peretas yang berlaku seolah pemilik akun mengajak mengngobrol dan tiba-tiba meminta tolong untuk dikirimkan pulsa atau uang.

Bahkan, tak tanggung-tanggung, akun yang dibajak adalah milik para pejabat seperti Wali Kota dan sejumlah kepala dinas di daerah tersebut. "Saya dua kali mengalami penipuan. Yang pertama memakai akun sahabat saya minta pulsa dan saya kirim karena kasihan," ujar Yusran Nani, warga lainnya.

Penipuan kedua dialaminya ketika akun salah seorang pejabat minta tolong pinjam uang, dengan dalih keluarga sedang ditimpa musibah. "Saya langsung curiga kok bisa pejabat pinjam uang, apalagi saya hampir tak kenal dengan pejabat tersebut," ungkapnya.

Ia mengaku resah dengan ulah para peretas tersebut, terlebih pelakunya sulit untuk ditangkap.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement