Senin 04 Apr 2011 16:01 WIB

MK: Anwar Usman Dilantik Rabu Mendatang

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD
Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan pelantikan Anwar Usman sebagai hakim konstitusi yang menggantikan Arsyad Sanusi akan dilakukan pada Rabu (6/4) di Istana Negara, Jakarta. "Pelantikannya Rabu pukul 11.00 WIB," kata Mahfud, melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (4/4).

Menurut Mahfud, pelantikan dilaksanakan Rabu karena pada hari ini dirinya masih berada di Semarang dan pada Selasa (5/4) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima kunjungan Presiden Turki YM Abdullah Gul. "Maka waktu yang cocok ya hari Rabu," katanya.

Anwar dipilih Mahkamah Agung menjadi hakim MK menggantikan posisi Arsyad yang mengundurkan diri sebagai hakim MK setelah dirinya dianggap bertanggung jawab secara etik oleh Majelis Kehormatan Hakim MK. Anwar sebelumnya menjabat Kepala Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung.

Anwar Usman ditetapkan sebagai pengganti Arsyad Sanusi melalui rapat pimpinan MA. Selain Anwar Usman nama yang sebelumnya juga muincul adalah Hakim Tinggi PT TUN Medan Irfan Fachruddin.

Menurut Juru Bicara MA Hatta Ali, Anwar Usman terpilih seusai rapat pimpinan MA yang melakukan penilaian terhadap visi dan misi dua orang calon dan juga memperhatikan masukan dari publik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement