Kamis 20 Jan 2011 17:48 WIB

Megawati: Pemimpin Jangan Hanya Cari Duit

Megawati
Foto: Edwin/Republika
Megawati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri kembali menegaskan pentingnya penanaman nilai pancasila terhadap para pemimpin bangsa.

Menurut Megawati, dalam Kuliah Umum Terbuka di hadapan ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP-AN), Jakarta Selatan, Kamis, mental seorang pemimpin yang dibutuhkan Indonesia saat ini tidak hanya mental mencari duit semata, melainkan mental baja menjadi pengayom warganya.

"Saya yakin, nanti kalian yang akan duduk menjadi pemimpin, menjadi eksekutif, jangan hanya mikir duit. Nanti penjara bakal penuh. Karenanya mulai sekarang ditanamkan jika menjadi eksekutif nanti tujuannya bukan untuk mencari uang. Pikirkan rakyatmu," ujar Megawati.

Tak hanya soal kepemimpinan, Megawati juga menyinggung soal watak pemerintah yang dinilainya terlalu menggantungkan harapan rakyat terhadap luar negeri.

Ia mengatakan, persoalan pangan yang kerap menjadi masalah juga digampangkan pemerintah dengan mengimpor berbagai kebutuhan pangan dari luar negeri.

"Pemerintah maunya gampang sendiri. Kurang beras, langsung impor. Padahal sebetulnya bisa swasembada pangan," ujarnya.

Menurut dia, di Indonesia bagian Timur seperti Papua masih cukup luas lahan untuk dijadikan areal persawahan, sehingga bisa swasembada pangan tanpa harus melibatkan pihak asing.

"Kalau mereka (pihak asing) kesulitan beras, mana mau mereka mengekspor berasnya kepada kita. Nanti kita sendiri gimana? Ini harus dipikirkan oleh pemerintah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement