Selasa 18 Jan 2011 04:18 WIB

Hasil Pemindaian: Mr J Pembuat Paspor Gayus Berkulit Hitam, Bertubuh Tambun, Berkepala Plontos

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Didi Purwadi
Foto Gayus yang merupakan parpol aspal
Foto Gayus yang merupakan parpol aspal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- John Jerome Grice, DPO penyidik Polri, diduga memiliki peran penting dalam sindikat pembuatan paspor asli tapi palsu (aspal) milik Gayus Tambunan dengan nama Sony Laksono. John Jerome merupakan orang yang menerima langsung uang sebesar 100 ribu Dollar AS dari Gayus.

"John Jerome penerima pertama uang 100 ribu dollar AS dan kemudian memberikan 2.500 Dollar AS kepada Ari," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar, di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/1).

John Jerome merupakan warga negara AS dengan kelahiran California pada 16 Mei 1970. Dari foto dalam paspor yang dipindai di Bandara Soekarno Hatta, John Jerome berkulit hitam dan bertubuh tambun dengan kepala plontos.

Boy Rafli mengatakan telah bekerjasama dengan interpol untuk menerbitkan red notice terhadap John Jerome. Menurut Boy, penyidik Polri membutuhkan keterangannya terkait pembuatan paspor Gayus dengan nama Sony Laksono itu.

"John Jerome juga orang yang menyerahkan paspor itu secara langsung kepada Gayus," imbuhnya.

Sebelumnya, penyidik Polri berhasil menangkap Ari di sebuah kediaman di Jakarta Selatan dan dijadikan tersangka. Dari hasil pemeriksaan terhadap Ari, terungkaplah nama John Jerome bersama Joko yang diduga menjadi otak dalam sindikat. Namun, karena tidak adanya bukti yang kuat, Joko dibebaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement