Ahad 16 Jan 2011 09:52 WIB

Hingga Senin, Potensi Curah Hujan di Jateng Masih Tinggi

Rep: Ichsan Emrald Alamsy/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi curah hujan akan sangat tinggi di wilayah Jawa Tengah hingga hari Senin. Untuk itu pihak BMKG meminta masyarakat tetap waspada.

‘’Kita buat perkiraan per tiga hari, dan jika dipantau dari pusat, maka ada potensi curah hujan amat tinggi atau lebat di wilayah Magelang hingga hari Senin,’’ ungkap Humas BMKG, Kukuh Rubidiyanto ketika dihubungi Republika, Sabtu (15/1).

Kukuh mengatakan agar warga di Magelang dan berada di sekitar gunung Merapi agar tetap waspada. ‘’Penduduk di sekitar Merapi khususnya di bantaran kali tentu mengenal daerah masing-masing karena material lahar dingin mengalir ke sungai,’’ paparnya. Selain itu masyarakat juga diminta selalu memantau kondisi hulu.

Ia menambahkan sebenarnya pihak BMKG pusat selalu memberi informasi tiap tiga jam sekali ke badan vulkanologis, penanggulangan bencana dan Pemda setempat mengenai kondisi cuaca di wilayah Yogyakarta dan Magelang tersebut.’’Karena di yogya kan tidak ada stasiun meteorologi jadinya kita yang selalu memberi kabar kesana,’’

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement