Jumat 24 Dec 2010 02:53 WIB

WNA Pelaku Mutilasi Berhasil Ditangkap di Cordoba, Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pihak Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) membenarkan adanya informasi penangkapan Warga Negara Asing (WNA) asal Pakistan, berinisial IF, yang diduga sebagai otak pelaku pembunuhan dan mutilasi Viktor Rizki Wibowo.

"Betul (pelaku ditangkap), tapi polisi Spanyol yang menangkap pelaku," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Herry Rudolf Nahak di Jakarta, Kamis (23/12). Herry menyebutkan Polisi Spanyol menangkap IF di daerah Cordova, Spanyol, beberapa waktu lalu.

Pelaku sempat berusaha menghilangkan jejak dari kejaran polisi dengan cara berpindah-pindah tempat di Spanyol, seperti dari Barcelona ke Madrid, serta Cordova. Herry menuturkan Polda Metro Jaya mendapatkan informasi penangkapan IF dari polisi internasional (Interpol) yang menerima laporan dari Polisi Spanyol.

Polda Metro Jaya telah mengirim beberapa anggota ke Cordova, guna membawa IF menuju Indonesia dan menyelidiki dugaan keterlibatannya terkait pembunuhan terhadap Viktor.

Herry sempat mengutus Kepala Satuan Kejahatan dan Kekerasan Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Nico Afinta untuk menangkap IF ke Barcelona, namun warga Pakistan itu berhasil melarikan diri hingga tidak diketahui keberadaannya.

Keterlibatan warga negara asing terkait kasus pembunuhan Viktor itu, terungkap usai polisi menangkap dua orang wanita yang tersangkut kasus penculikan dan pembunuhan itu, yakni T dan L.

T merupakan kekasih korban yang tertangkap di Yogyakarta, sedangkan L sebagai istri tersangka IF diciduk di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten. Keduanya diduga membantu dan ikut merencanakan penculikan dan pembunuhan Viktor.

Polisi mendapatkan informasi keterlibatan IF sebagai dalang pembunuhan Viktor berdasarkan keterangan dari kedua tersangka itu. Para tersangka mengaku kepada polisi, awalnya IF berkenalan dengan IF pada awal 2008, guna menjalani bisnis situs.

IF dan Viktor sepakat untuk menindaklanjuti rencana bisnis itu dan bertemu kembali di kawasan Bogor, Jawa Barat, 10 Juni 2010. Tersangka IF dan korban terlibat pertengkaran karena IF meminta sejumlah uang kepada Viktor dalam pertemuan itu.

Kemudian IF membunuh Viktor dengan menggunakan pisau dan besi karena Viktor melakukan perlawanan. Usai membunuh Viktor, kekasih korban, T membantu IF memotong tubuh Viktor untuk menghilangkan jejak pembunuhan.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement