Jumat 10 Dec 2010 09:14 WIB

Usulan Reformasi DK PBB Sebaiknya Disampaikan di Majelis Umum

Rep: abdullah sammy/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pengamat Internasional, Andi Wijoyanto menilai, keinginan Indonesia untuk mereformasi PBB lebih baik diungkapkan di sidang majelis umum PBB di New York. Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali Domocracy Forum--yang menyerukan reformasi PBB--hanya akan menjadi wacana belaka.

"Pernyataan perihal reformasi PBB lebih baik disampaikan langsung di majelis umum PBB di New York, bukan di Bali. Ini akan lebih berpengaruh dan lebih didengar oleh anggota PBB," katanya saat dihubungi Republika, Kamis (9/12).

Menurut Andi, keinginan Indonesia mereformasi PBB bukan barang baru. Sebelumnya, di era pertama pemerintahan PBB, usulan ini sempat dihembuskan pemerintah. "Saat pernah dibentuk Pokja Reformasi PBB yang dipimpin (alm) Ali Alatas. Berkali-kali kita sampaikan usulan itu tapi tidak ada perubahan," katanya.

Namun, jika usulan itu disampaikan di majelis umum, dia optimis akan menimbulkan efek--terutama perhatian dari negara anggota. "Tapi ini akan sulit dilakukan mengingat kepentingan Indonesia sendiri di PBB. Indonesia ingin menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement