Ahad 07 Nov 2010 09:39 WIB

Oh...Air dan Lahar Dingin di Sungai Code Kian Tinggi

Rep: Arif S/ Red: Arif Supriyono
Wilayah yang hancur diterjang awan panas Gunung Merapi
Foto: Tahta/Republika
Wilayah yang hancur diterjang awan panas Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Ketinggian air di Sungai Code, Yogyakarta terus meningkat. Bahkan malam ini (6/11) air di Sungai Code yang penuh dengan lahar dingin Gunung Merapi itu sudah hampir rata dengan jembatan yang melintasinya.

Warga di sekitar bantaran Sungai Code banyak yang memilih untuk meninggalkan rumahnya. Mereka khawatir air terus meluap dan merendam rumah mereka. Memang, beberapa rumah di sekitar bantaran sungai itu tampak sudah ada yang kemasukan air keruh tersebut.

Aliran air di Sungai Code juga beda dengan biasanya. Saat ini aliran air terlihat lebih deras dibanding saat kondisi normal. Selain itu, warna air juga berubah: menjadi abu-abu kehitam-hitaman. Padahal, biasanya warna air terlihat kuning dan keruh.

Warga sekitar memperkirakan, ketinggian air sungai akan terus naik pada malam ini. Hal itu terjadi karena lahar dingin dari Gunung Merapi masih terus mengguyur dengan deras.

Beberapa pihak melaporkan, lahar dingin dari Merapi belum juga berhenti. Bahkan ada kecenderungan aliran lahar dingin semakin kuat dan bertambah banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement