Sabtu 16 Oct 2010 02:53 WIB

Aha..Golkar Mulai Pasang Kuda-kuda

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Djibril Muhammad
Partai Golkar
Foto: .
Partai Golkar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menyusul survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) yang menyatakan peluang Golkar memenangi pemilu 2014, partai berlambang pohon beringin itu langsung ambil 'kuda-kuda'. Sejumlah langkah strategis disusun Golkar untuk memenangi pemilu legislatif dan presiden.

Langkah strategis Golkar akan mulai disusun di rapat pimpinan nasional (Rampimnas) pertama di era kepemimpinan Aburizal Bakrie mulai Senin (18/10) besok. "Alhamdullah kami telah mendengarkan survey LSI dimana Golkar diprediksi mengalami kenaikan presentase pemilih. Tentunya ini sejalan dengan cita-cita kami untuk kembali menjadi partai idola dan harapan rakyat," kata ketua pelaksana Rapimnas Golkar, Firman Subagyo di kantor DPP Golkar, Jum'at (15/10).

Langkah strategis yang akan disusun, di antaranya program pembangunan desa. Firman mengatakan, Golkar merasa prihatin atas kondisi masyarakat kecil saat ini. Karenanya, dalam rapimnas nanti Golkar mengambil tema utama 'suara Golkar, suara rakyat'. "Golkar ingin pertumbuhan ekonomi berangkat dari rakyat," tegasnya.

Acara rapimnas yang bertepatan dengan puncak HUT ke 46 Golkar, juga akan membahas kinerja pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Golkar sebagai anggota koalisi, mengaku tatap akan memberikan kritik dan saran atas jalannya pemerintahan. Efektivitas sekertariat gabungan--dimana Aburizal bertindak sebagai ketua hariannya--akan dikaji secara intern.

"Banyak ide-ide cerdas dari Golkar tapi tidak diakomodasi pemerintah. Tentunya akan dijelaskan pada seluruh anggota partai Golkar mengenai peranan partai dalam setgab," kata Firman.

Dia menjelaskan sejumlah ide partai yang tidak diakomodir pemerintah. "Salah satunya kebijakan anggaran yang berkaitan langsung dengan masyarakat," tambahnya.

Selain kebijakan anggaran, Golkar mengkritik kebijakan pangan pemerintah. Masalah ketahanan pangan menjadi persoalan yang akan dibahas serius dalam rapimnas nanti. Walau melayangkan sejumlah kritik, Golkar tetap mendukung penuh jalannya pemerintahan.

Terkait evaluasi setahun pemerintah, partai pemenang pemilu 2004 itu, tak akan memaksakan terjadinya reshuffle. Tapi, Golkar mengakui telah menyiapkan kader terbaiknya jika diminta berkontribusi dalam kabinet. Rapimnas dan HUT Golkar ke 46 juga akan diisi dengan pidato politik ketua umum, Aburizal Bakrie.

Aburizal akan menyampaikan orasinya dihadapan peserta rapimnas dan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Firman tidak menampik jika pidato sang ketua umum merupakan langkah awal memunculkan sosok Aburizal sebagai tokoh masa mendatang. "Jika SBY adalah tokoh pemimpin saat ini, maka Bapak Aburizal Bakrie merupakan tokoh mendatang," katanya.

Dia menegaskan sosialisasi sosok ketua umum merupakan salah satu cara Gokar untuk memenangkan pemilu legislatif dan Presiden. "Idealnya ketua umum adalah calon presiden. Tapi kami tetap objektif melihat kader terbaik mana yang berpotensi menjadi calon presiden," kata Firman.

Mengakhiri pembicaraan, Firman kembali menegaskan jika Partainya siap memenangkan pemilu legislatif dan presiden tahun 2014. "Kami yakin Golkar akan memenangi pemilu 2014," tutup pria yang juga ketua Komisi IV DPR itu. Rencananya rapimnas Golkar akan berlangsung mulai Senin (18/10), dan akan ditutup pada Rabu (20/10) di Pekan Raya Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement