Kamis 07 Oct 2010 09:21 WIB

PMI Evakuasi Pengungsi Wasior ke Manokwari

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Palang Merah Indonesia (PMI) membantu mengevakuasi pengungsi korban bencana banjir bandang di Wasior, Provinsi Papua Barat, ke Manokwari."Korban yang luka kita bawa langsung ke RSUD Manokwari. Sementara para pengungsi untuk saat ini dibawa dan akan ditempatkan di lapangan Kodim Manokwari," kata Staf Komunikasi PMI Provinsi Papua Barat, Halibab Halim, dalam rilisnya di Jakarta, Rabu malam.

Halibab memaparkan, ada sejumlah pengungsi yang sudah langsung dijemput serta dibawa pulang oleh sanak keluarganya.Proses evakuasi para korban dan pengungsi korban banjir bandang ini berlangsung sejak sekitar pukul 10.00 WIT.

Mereka tiba di Pelabuhan Manokwari setelah dibawa dengan kapal perintis dari lokasi banjir bandang di Distrik Wasior. Sedangkan berdasarkan laporan yang diterima oleh PMI Provinsi Papua Barat, saat ini air di Distrik Wasior kembali meninggi sehingga para korban perlu segera dievakuasi.

Hingga Rabu (6/10) siang, data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat mencatat 394 pengungsi sudah menempati lapangan Kodim Manokwari sebagai titik pengungsian.BNPB juga melaporkan terdapat sebanyak 15 korban luka yang telah dilarikan ke RSUD Manokwari.

Selain melibatkan PMI, proses evakuasi juga dilakukan oleh sejumlah instansi setempat seperti departemen kesehatan, dinas sosial, polisi, TNI, dan BNPB.Sementara itu, bantuan untuk para korban banjir bandang di Distrik Wasior masih terus mengalir dan relawan PMI Kabupaten Manokwari telah mengumpulkan bantuan berupa bahan makanan siap saji, pakaian layak pakai, dan alat kebersihan.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement