Jumat 24 Sep 2010 03:42 WIB

Demokrat Mau Hitung Ulang Anggaran Kunker DPR

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Partai Demokrat akan menghitung kembali besaran anggaran negara yang digunakan untuk kunjungan kerja (kunker) keluar negeri. Namun, Kunker tetap dipandang perlu karena Indonesia tidak bisa melepaskan diri dari pergaulan internasional.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Jafar Hafsah, mengatakan anggaran bagi kunjungan kerja harus melihat pada kebutuhan, efisiensi, dan manfaatnya bagi publik. Dana APBN 2010 bagi kunjungan dewan sebesar Rp 170 miliar.

Jumlah itu bahkan mungkin bertambah di APBN tahun depan. Alasannya, jika di APBN tahun ini dana kunjungan kerja eksekutif dan legislatif yang sebesar Rp 19,5 triliun, maka tahun depan jumlahnya dipastikan bertambah jadi Rp 20,9 triliun.

Kenaikan itu dianggap relatif oleh Jafar. ''Kalau sudah hitung, baru bisa bilang bisa atau tidak dinaikkan,'' katanya, Kamis (23/9), di gedung DPR.

Kalimatnya berlanjut, setelah dihitung ditemukan data bahwa jumlahnya terlalu besar lalu bisa saja jumlahnya diefisienkan. Kunker merupakan bagian dari kerja dewan. Dewan harus terlibat dalam pertemuan regional atau internasional di luar negeri termasuk diskusi soal perbatasan. Kegiatan-kegiatan itu dikatakannya tidak bisa dihindari.

Karena itu Demokrat menilai kunker sebagai kegiatan yang wajar. Termasuk bila anggota dewan bepergian dengan istri serta anggota keluarga lainnya dalam kunker. Selama dananya tidak datang dari negara, alias membayar sendiri, Jafar mengatakan keikutsertaan itu sah saja. ''Anggaran untuk keluar negeri itu tidak pernah berlebih, saya saja kalau kunjungan keluar pasti nombok,'' terang dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement