Rabu 22 Sep 2010 00:43 WIB

Tiga Serikat Pembantu Rumah Tangga Segera Dibentuk

Rep: Prima Restri / Red: Endro Yuwanto
PRT/ilustrasi
PRT/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sedikitnya tiga serikat pekerja rumah tangga (PRT) segera dibentuk pada tahun 2010 ini. Serikat PRT tersebut berada di KOta Semarang, Jakarta, dan Mataram.

''Saat ini ketiga serikat tersebut masih berbentuk embrio,'' ujar Koordinator Jaringan Nasional Advokasi PRT, Lita Anggraini kepada Republika, Selasa (21/9).

Serikat PRT ini, kata Lita, nantinya akan menjadi wadah bagi PRT untuk berkumpul saling tukar informasi dan juga berbagi pengalaman. ''Selain itu yang paling peting serikat PRT ini nantinya untuk mengawal pelaksanaan UU PRT yang saat ini masih dalam bentuk RUU PRT,'' katanya,

Serikat PRT ini pun, dijelaskan Lita, sangat penting untuk menjembatani jika ada permasalahan antara majikan dan PRT ataupun sebaliknya. Selama ini diungkapkan banyak PRT yang tidak tahu harus mengadu kemana jika berselisih dengan majikan. Bahkan jika terjadi pelanggaran hak seperti upah tidak dibayar pun PRT memilih kabur dan pulang kampung tanpa memperoleh imbalan dari kerjanya.

Sementara, saat ini sudah terbentuk sebanyak lima serikat PRT. Empat serikat berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan satu di Medan.''Serikat PRT ini memang didirikan di kota-kota besar di Indonesia dan juga daerah yang banyak mensuplai PRT baik ke dalam negeri maupun luar negeri,'' papar Lita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement