Jumat 03 Sep 2010 03:10 WIB

Wapres Minta Pembangunan MRT Dipercepat

Rep: Yasmina Hasni/ Red: Siwi Tri Puji B
Rencana MRT di Jakarta.
Foto: matanews.com
Rencana MRT di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Wakil Presiden Boediono meminta para menterinya agar segera membangun sarana transportasi massal (MRT) jalur Lebak Bulus-Hotel Indonesia. Ia bahkan mengharapkan agar sarana tersebut sudah bisa dimulai 2011, dan disambung dengan jalur Hotel Indonesia-Kota.

Demikian dikatakan Juru Bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat usai rapat transportasi massal di Istana Wapres, Kamis (2/9). “Tadi secara keseluruhan ada 17 langkah. Sebab kita akan menghadapi deadlock macet tidak lebih dari 2012, kalau tidak ada langkah sebelum 2012 maka Jakarta macet total,” ujarnya.

Hal senada pun diungkapkan menteri perhubungan Freddy Numbery. Menurutnya di dalam rapat yang berlangsung, yakni untuk membantu MRT transportasi di Jakarta, dan membantu gubernur dalam rangka pembenahan ke depan. “Mudah-mudahan dengan koordinasi seperti ini kita jadi saling membantu lah,” katanya.

Menurutnya, penggunan jalur busway tidak berjalan efektif. Maka, menurut dia, harus dicari solusi terbaru lagi. Sementara, untuk pembangunan MRT sendiri, menurutnya masih terkendala. "Masih ada beberapa ruas yang harus dibangun kembali dan ini memang sudah direncanakan untuk dikembangkan oleh pengembang," ujarnya.

Detil desainnya, kata dia, sudah jadi dan ada beberapa revisi yang dibuat. Nantinya, saat revisi sudah selesai maka kemudian bisa ditawarkan secara PPP di bawah BKPM. “Kita tunggu dari BKPM, berkerja sama dengan pihak pengembang. Penunjukkan investornya,” kata Freddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement