Kamis 19 Aug 2010 19:26 WIB

TKW di Yunani Ikut Peringatan HUT RI

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Yunani atau yang dikenal dengan Penata Laksana Rumah Tangga dengan berbusana nasional bernuansa merah putih mengikuti upacara bendera memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di KBRI Athena.

''Bulan puasa tidak membuat mereka surut ikut dalam upacara bendera dengan komandan upacara Dubes RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi,'' ujar Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Jani Sasanti dalam keterangan persnya, Kamis (19/8).

Upacara yang yang diikuti 200 warga Indonesia di Yunani termasuk anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Athena dan masyarakat yang umumnya bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), berbusana nasional bernuansa merah putih .

Terik matahari kota Athena tidak mengurangi suasana khidmat upacara yang sudah terasa sejak awal, ketika tiga pemudi anggota pasukan pengibar bendera menaikkan bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya dinyanyikan seluruh peserta upacara.

Dubes Rusdi menghimbau warga bekerja di rantau sebagai salah satu roda penggerak pembangunan bangsa dapat berperan dalam mendukung program Kabinet Indonesia Bersatu II, yang diharapkan dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat dan keluarga mereka di tanah air.

Selain itu, kata Rusdi, juga menghormati ketenteraman masyarakat setempat sehingga dapat menjaga citra positif bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang santun, bertoleransi, dan menjunjung tinggi budaya.

Peserta upacara tidak hanya datang dari Athena, tapi juga dari beberapa pulau di Yunani, yang membuat keceriaan terutama saat upacara berakhir, mereka tidak langsung pulang namun bersilaturahmi di Wisma Duta menyaksikan acara pemberian hadiah dan penghargaan yang diselingi dengan lagu perjuangan dan daerah, dan menerima bingkisan serasa berada di tanah air.

Selain pembagian hadiah untuk peserta upacara berbusana terbaik, KBRI juga memberikan penghargaan kepada warga yang dinilai menjadi teladan dengan kriteria penilaian yang mencakup moralitas, loyalitas, legalitas, kepribadian, kerja sama, partisipasi aktif, kepedulian pada masyarakat, kreativitas, komitmen, kesopanan, keramahan, dan kerapian.

Bingkisan untuk berbuka puasa yang diisi dengan kurma, minuman, dan aneka jajanan pasar untuk dibawa pulang peserta upacara. ''Ini melengkapi kegembiraan warga Indonesia di Yunani utamanya anak-anak Indonesia dan keturunan yang lahir di Yunani dalam merayakan HUT ke-65 RI,'' jelas Jani Sasanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement