Jumat 13 Aug 2010 23:43 WIB

MPR Gelar Seminar dan Cerdas Cermat Empat Pilar Bernegara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Majelis Permusyawaratan Rakyat akan menyelenggarakan seminar dan "grand final" lomba cerdas cermat empat pilar bernegara tingkat nasional pada 18-20 Agustus 2010. Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Lukman Hakim Saefuddin, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat mengatakan, kegiatan seminar dan "grand final" lomba cerdas cermat empat pilar bernegara tingkat, nasional diselenggarakan dalam rangkaian Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Rebuplik Indonesia ke-65.

Lukman menjelaskan, kegiatan seminar bertajuk "Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Konstitusi" dan "grand final" lomba cerdas cermat empat pilar bernegara yang akan diselenggarakan di Gedung Nusantara V DPR, merupakan bagian dari sosialisasi empat pilar kehidupan bernegara yang dilaksanakan oleh pimpinan MPR.

Sosialisasi empat pilar bernegara, meliputi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, adalah tugas dari MPR yang diamanatkan dalam UU No 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD Pasal 15 ayat (1) huruf e, yakni mengkoordinasikan anggota MPR untuk memasyarakatkan undang undang dasar.

Menurut Lukman, seminar bertajuk "Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Konstitusi" ini dibagi menjadi enam sub-tema, meliputi perkembangan kelembagaan eksekutif dan legislatif, yudikatif, komisi-komisi negara, perekonomian nasional, kehidupan sosial budaya dan penyelenggaraan pemerintah daerah pasca perubahan UUD 1945.

Melalui seminar ini, kata Lukman, sasarannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hasil-hasil reformasi konstitusi dan perubahan UUD 1945, melakukan "review" terhadap pelaksanaan UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta merumuskan rekomendasi untuk perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan UUD 1945.

Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Tohari menambahkan, kegiatan "grand final" cerdas cermat empat pilar bernegara tingkat nasional akan diselenggarakan di Gedung Nusantara IV DPR pada Rabu (18/8). "Grand final " cerdas cermat ini, kata dia, merupakan rangkaian dari kegiatan serupa sejak babak penyisihan yang diselenggarakan di seluruh daerah di Indonesia.

Peserta "grand final" lomba cerdas cermat empat pilar bernegara berasal dari SMA Negeri 1 Padang Panjang Sumatera Barat, SMA Negeri III Unggul Tenggarong Kalimantan Timur, dan SMA Negeri Siwa Lima Amon Maluku.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement