Selasa 10 Aug 2010 22:12 WIB

Berapa Ya, Jumlah Penduduk Indonesia Tahun Ini?

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Sonny Harry B Harmadi, memprediksi penduduk Indonesia pada 2010 tumbuh menjadi 238,4 juta jiwa. Angka itu menunjukkan pertumbuhan penduduk hingga tahun ini cukup tinggi mencapai 1,26 persen per tahun, karena kurang mulusnya pelaksanan program keluarga berencana setelah era desentralisasi.

Saat berbicara pada Rakernas IPKB di Jakarta, Selasa (10/9), dia menyebutkan komposisi penduduk Indonesia terdiri dari perempuan usia subur 65,7 juta, usia lahir hingga 14 tahun mencapai 64,1 juta, usia kerja 160,2 juta, dan usia lanjut 14,1 juta jiwa. Ia juga memaparkan, rata-rata jumlah anak yang dilahirkan ibu mencapai 2,3 anak per ibu melahirkan, angka kematian bayi 41,6 dan sementara jumlah bayi lahir per tahun ada 4,5 juta.

Pertumbuhan penduduk dominan terjadi di desa, daerah terpencil dan kepulauan. Keadaan ini memengaruhi kualitas pendidikan penduduk saat ini di mana ada 8,5 persen penduduk tidak sekolah, 21,9 belum tamat SD, tamat SD 33,4 persen, pendidikan SLTP 16,6 persen, tamat SMU 16,2, sedangkan yang menyelesaikan pendidikan tinggi hanya 3,4 persen.

Untuk mengatasi persoalan ini, Sony menyarankan pelaksanaan program keluarga berencana lebih dipacu lagi, dibarengi dengan persebaran penduduk. Dia memprediksi tanpa KB akan terjadi ledakan penduduk yang bakal menyulitkan realisasi penduduk tumbuh seimbang pada 2015.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement